Ternyata Wisata Sampan Leper Di Inhil Sejak Tahun 1995


Dibaca: 320 kali 
Minggu,30 Juli 2017 - 22:42:09 WIB
Ternyata Wisata Sampan Leper Di Inhil Sejak Tahun 1995
PASENG.News, INHIL -  Sampan leper merupakan sebuah cipta karya dari inovasi orangtua terdahulu dalam mengatasi masalah transportasi sungai yang harus mengikuti kondisi pasang surut. 
 
Karena Kabupaten Inhil adalah daerah yang terletak di pesisir Timur Pulau Sumatera sehingga Inhil merupakan daerah yang terdiri atas rawa-rawa dan sungai yang sering mengalami pasang surut. 
 
"Jadi, orangtua terdahulu menciptakan alat transportasi berupa perahu sampan yang memiliki ukuran 1 x 3 meter dengan lantai dasar yang memiliki permukaan pipih dan datar. Hal ini untuk mengikuti kondisi sungai mengalami pasang surut," kata Kadisporabudpar, Junaidi Ismail saat menutup secara resmi even tahunan pacu sampan leper di Kuala Getek, Minggu sore (30/7/2017).
 
Inilah alat transportasi orangtua terdahulu dalam bepergian, kata Junaidi, serta digunakan untuk mencari kerang saat air sedang surut. Sehingga alat transportasi ini digunakan untuk ajang perlombaan pacu sampan leper yang sudah digelar pada tahun 1995 silam. 
 
"Alat transportasi ini menjadi perlombaan pacu sampan diatas lumpur sejak tahun 1995 silam, dan bertahan sampai saat ini, masih tetap terjaga dan terus dikembangkan oleh Pemkab Inhil melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata," kata mantan Camat Tanah Merah ini. 
 
Sementara itu, Bupati Inhil HM Wardan bertekad terus mengembangkan budaya masyarakat Kabupaten Inhil, menjadi even wisata berskala Provinsi. 
 
"Saya akan intruksikan dinas terkait untuk melakukan evaluasi atas destinasi wisata festival Sampan Leper berbentuk perlombaan ini, untuk mengupayakan ketersediaan sarana serta prasarana lomba sehingga hasil evaluasi nantinya, festival tahunan ini akan terus diselenggarakan," kata Wardan beberapa waktu lalu saat membuka secara resmi perlombaan itu. 

Baca Juga Wardan: Pemerintah Alokasikan Rp400 Juta Pembangunan Tribun Festival Sampan Leper



Setelah kesediaan sarana serta prasarana lomba, ujarnya lagi, Pemerintah Provinsi Riau akan dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk menetapkan Festival Sampan Leper menjadi even wisata berbasis budaya berskala Provinsi. 

 
Penulis: Ary Rahmat  
 

Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA TERKINI
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :