Kelapa Murah, Kopra putih solusinya


Dibaca: 88 kali 
Minggu,05 Mei 2019 - 21:52:51 WIB
Kelapa Murah, Kopra putih solusinya

INHIL - Dengan pencapaian harga Rp.7.500  Per

Kilogramnya, Kopra Putih atau Kopra Asalan saat ini menjadi primadona dikalangan petani kelapa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Saat ini banyak petani kelapa mulai terlihat berhenti menjual kelapa bulat dan lebih memilih mengolah kopra putih, karena pengolahan Kopra Putih ini jauh lebih menjanjikan.

Melalui  Lembaga Pelatihan Keterampilan (LPK) Kopra Putih, Yan Ekhsan mengatakan, dengan harga kelapa bulat di Kabuptaen Indragiri Hilir yang tidak kunjung stabil, ia mengajak secara terbuka kepada seluruh petani kelapa untuk mengolah turanan kelapa menjadi Kopra Putih, karena hal ini jauh lebih menguntungkan petani itu sendiri.

" Demi kesejahteraan petani kelapa, kita siap memberi pelatihan kepada petani kelapa di Inhil secara geratis, tanpa dipungut biaya sepeserpun dan siapapun yang datang tetap kita layani", ucapnya, saat dikunjungi awak media di lokasi LPK Jalan Tanjung Priuk Tembilahan, Minggu (5/5/2019).

Dalam pengolahan Kopra Putih, Yan Ehksan juga menjelaskan dari 4 ribu kilogram (4 Ton) kelapa bulat, jika diolah menjadi Kopra Putih akan menjadi Seribu kilogram (1 Ton). Dengan kalkulasi per Kg Rp. 7.500 X 1.000 Kg = Rp. 7.500.000. Ditambah lagi pengolahan arang dari batok kelapanya, dari 4 Ton batok kelapa juga akan menghasilkan arang 1 Ton, dengan harga Rp 4.500+ Per Kg nya. Dengan Kalkulasi Rp. 4.500 X 1.000 Kg = Rp. 4.500.000.

" Bandingkan saja dengan harga jual kelapa bulat sekarang. Proses Pengolahan Kopra Putihnya pun cukup sederhana, 7 hari pengeringan sudah bisa dijual", Terangnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan awak media saat itu, Lokasi LPK Yan Ehksan terlihat ramai dikunjungi petani kelapa dari berbagai daerah, dan ada juga yang sedang menjual hasil olahan Kopra Putih.

Saat dimintai tanggapannya dari seorang petani kelapa yang berasal dari Desa Sialang, Mahmud, yang kebetulan saat itu ia sedang menjual hasil olahannya. ia mengaku sudah dua kali menjual hasil olahan Kopra Putih di LPK Yan Ehksan, ia juga mengakui keuntungan dari pengolahan Kopra Putih lebih besar dari menjual kelapa bulan dan kopra biasa.

" Awalnya saya belajar dulu disini, Sekrang kita sudah dua kali mengirim Kopra Putih kesini. Alhamdulillah kalau hasil jual Kopra Putih lumayan dari jual kelapa bulat dan kopra biasa yang dicungkil mentah itu", sampainya sambil tersenyum, Jumat (5/5/2019).

laporan Arb


Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :