Kelompok Nelayan Kecamatan Mandah Dapat Bantuan Dari Kementrian


Dibaca: 35 kali 
Kamis,18 Oktober 2018 - 11:50:44 WIB
Kelompok Nelayan Kecamatan Mandah Dapat Bantuan Dari Kementrian
INHIL - Kelompok Nelayan Usaha Bersama Dusun Pirasai Desa Batang Tumu Kecamatan Mandah kabupaten indragiri Hilir ini Sangat Beruntung mendapatkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. 
 
Kelompok Usaha yang di katuai oleh warga setempat ini mendapatkan 15 unit sampan mesin 0,5 GT  khusus untuk nelayan-nelayan kecil seperti penangkapan ikan, udang, kepiting untuk nelayan kecil dalam wilayah kecamatan mandah. 
 
Bantuan tersebut di serahkan langsung oleh perwakilan Direktorat Pendayagunaan pulau- pulau kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Sukaptono kepada Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, Said Syarifuddin  yang juga menjabat sebagai Ketua DPC HNSI. 
 
Kemudian bantuan itu diserahkan langsung kepada ketua Nelayan Usaha bersama Dusun Pirasai Desa Batang Tumu Kecamatan Mandah kabupaten indragiri Hilir, Rabu (17/10)
 
Penyerahan bantuan tersebut di saksikan Kepala Dinas Perikanan Drs. H. Mukthar. T,  MH, Camat, Babinsa,Tokoh masyakat setempat. 
 
Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, Said Syarifuddin  yang juga menjabat sebagai Ketua DPC HNSI mengatakan, nelayan yang tergabung ke dalam kelompok usaha Bersama (Kube) yang ada di Dusun Perisai, Desa Batang Tumu kecamatan Mandah ini patut bersyukur dengan bantuan pompong sampan dan peralatanya untuk itu sekda mengharapkan memaksimalkan Pemanfaatan bantuan ini.
 
"Maka untuk itu supaya ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan yang terpenting bagi kita nelayan kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan sungai kita ini," harap Sekda
 
Dengan bantuan ini Sekda Mengajak kepada para nelayan untuk bisa menjaga kelestarian alam sekitar dan jangan ada lagi yang menangkap ikan, udang dengan meracun, dengan tuba, dengan sentrum, listrik dan lain lain. 
 
"Saya menghimbau kepada seluruh nelayan kita, masyarakat  kita, mari bersama -sama menjaga kelestarian sungai, laut kita, " ujar sekda
 
Bantuan yang diberikan ini lanjut sekda Berkat usulan dari Bupati, Dinas Perikanan, Camat dan kepala desa. Bantuan ini seperti  anugerah." Mudah-mudahan bisa menjaga kelestarian kita, mari jaga kelestarian sumberdaya perairan demi anak cucu kita," cetusnya. 
 
Tak lupa Said Syarifuddin ucapkan terimakasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan semua pihak yang bisa membantu. 
 
Sementara itu, Sukaptono sebagai Staf mewakili Kasubdid Pulau-pulau Kecil dan terluar perwakilan Direktorat Pendayagunaan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mensupport dan mengharapkan pemerintah daerah Kabupaten Inhil dengan bantuan Bisa mendukung pemanfaatannya terlebih Inhil memiliki hutan mangrove terluas di Indonesia.
 
"Saya datang kesini tujuannya menyerahterimakan bantuan 15 yunit/paket sampan Untuk masyarakat dusun pirisai desa batang tumu kecamatan mandah," katanya. 
 
Dia meminta kepada masyarakat agar bantuan yang diberikan jangan sampai diperjual belikan dan syukur -syukur dikembangkan untuk lainya. 
 
" Insa allah kami akan memantau terus untuk perkembangan Kabupaten Inhil. tepat di pulau-pulau kecil dan  kita akan menindaklanjuti usulan-usulan," paparnya. 
 
Kadis Perikanan Kabupaten Indragiri Hilir Muktar mengatakan, Pemkab Inhil dapat perhatian dari  Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, secara bertahap  mendapatkan bantuan berbagai macam peralatan. 
 
Mukhtar menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan ini harus ada Kelompok Usaha Bersama atau koperasi perikanan yang berbadan hukum  diminta dari kementerian perikanan dan kelautan ,terdaftar di notaris dan pengadilan. 
 
"Kami dorong semua kepala desa, tolong dibentuk kelompok kelompok demi kebersamaan kita. Dan yang paling penting adalah anggota betul-betul dari nelayan yang ditunjukkan lewat KTP sebagai pekerjaan Nelayan," ungkapnya. 
 
Kepada anggota yang mendapatkan bantuan ini Mukhtar berharap ikut serta menjaga alam dan lingkungan, agar dapat terus dinikmati  dimasa yang akan datang. 
 
Sementara itu Ramli Ketua Kelompok Usaha Bersama  berterimakasih kepada Bupati, Dinas Perikanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang telah memberikan Keuntungan besar kepada kelompok kami tak bisa diucapkan dengan kata-kata, dengan dapat bantuan ini akan lebih meningkat lagi pendapatan kami.
 
Laporan: Arb/Rls

Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :