Nelayan Temukan Bangkai Ikan Duyung Dugong Mengapung


Dibaca: 615 kali 
Jumat,07 September 2018 - 21:03:41 WIB
Nelayan Temukan Bangkai Ikan Duyung Dugong Mengapung Nelayan saat menemukan bangkai Dugong di Sungai Simpur Desa Suka Damai, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis, Kamis (6/9/2018).
BENGKALIS - Hewan langka Dugong ditemukan mengambang di Sungai Simpur Desa Suka Damai, Kecamatan Rupat Utara, Bengkalis oleh nelayan setempat, Kamis (6/9/2018). Hewan langka ikan duyung dugong itu hewan dilindungi ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. 
 
Menurut Penyuluh Budidaya Perikanan dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis Abdul Kadir,  mengungkapkan keberadaan Dugong ini pertama kali diketahui oleh nelayan. Pihaknya Kamis kemarin dihubungi nelayan setempat yang melihat Dugong muncul di sungai.  
 
"Dapat informasi ini kita bersama tim dari UPT Perikanan Rupat Utara menuju lokasi penemuan untuk memastikan kebenarannya," ujar Abdul Kadir, Jumat (7/9/2018).
 
Sebelum berangkat ke lokasi pihaknya berkoordinasi terlebih dahulu dengan Balai Pengelolaan Sumber daya Perairan dan Laut (BPSPL) Padang. Kemudian mereka meminta pihaknya untuk melakukan pengukuran morfometrik. 
 
"Saat sampai di lokasi penemuan Dugong ini sudah dalam kondisi tidak bernyawa alias mati. Kemudian kami  bawa ke darat melakukan pengukuran panjang dan lebar sebelum di kuburkan," tambahnya. 
 
Penemuan Dugong di perairan Rupat Utara merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumya pada pertengahan tahun 2017 lalu juga pernah ditemukan masyarakat. Kondisi Dugong langkah tersebut ditemukan juga dalam keadaan mati.
 
Pada penemuan Dugong tahun lalu temuan ini banyak masyarakat yang mengambil dagingnya. Sebagian malah di konsumsi oleh masyarakat.
 
"Waktu itu masyarakat belum tahu hewan ini jenis langka dan dilindungi. Dengan kejadian tersebut BPSPL  melakukan sosialisasi kepada masyarakat Rupat Utara terkait Dugong merupakan satwa dilindungi  Makanya kemarin begitu ditemukan mereka menghubungi kami tidak lagi mengambil dan membagikan dagingnya, " ungkap Abdul Kadir.
 
Menurut Abdul Kadir Dugong ini, seharusnya berada di laut lepas. Tepatnya di perairan dalam tidak di sungai seperti tempat ditemukan kemarin.
 
Editor: Ali
Sumber: spiritriau

Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :