Mampukah RI Kelola Sendiri Tambang Freeport?


Dibaca: 88 kali 
Rabu,01 Agustus 2018 - 20:08:15 WIB
Mampukah RI Kelola Sendiri Tambang Freeport? Istimewa (detikcom)

Jakarta - Proses divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) tengah dimulai. Nantinya, PT Inalum (Persero) bersama Freeport Indonesia mengelola tambang di Papua.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonanmembeberkan alasan tersebut.

"Gini satu kan kalau yang 1% dikelola bersama ini kan tujuannya mendapatkan hasil lebih banyak. Jadi bukan hanya dari royalti dan pajak tapi juga dividen," kata Jonan di kepada detikFinancedalam acara Blak-blakan, di Kantor Kementerian ESDM, Selasa (31/7/2018).

Pengelolaan bersama tambang Freeport Indonesia juga dimaksudkan agar BUMN ikut belajar. Tambang bawah tanah Freeport Indonesia sebelumnya belum pernah dikelola oleh perusahaan di Indonesia.

"Ada juga hal lain, yaitu mempersiapkan anak-anak bangsa ya badan usaha kita seperti Inalum yang juga memiliki Aneka Tambang ini yang kita juga belajar mengelola manajemen kegiatan pertambangan bawah tanah sebesar Freeport," ujar Jonan.

Selain itu Jonan juga menjelaskan, untuk saat ini Indonesia masih membutuhkan Freeport Indonesia untuk mengelola tambang di Papua. Beberapa perusahaan besar BUMN di dalam negeri belum pernah memiliki pengalaman untuk mengelola pertambangan besar seperti di Papua. 

"Gini, kita lihat ya secara akal sehat. Banyak yang mengatakan kenapa kita nggak ambil dan kita kelola sendiri. Saya sepakat. saya sepakat sekali tapi sampai hari ini belum ada bukti, kita pernah mengelola tambang sebegitu besar.Jadi kita nggak bisa menjude dengan apa yang belum pernah kita lakukan. memang kita nggak pernah. Kita lakukan memang secara teori kita bisa secara teori praktiknya belum pernah ada," kata dia 

(detik.com)

 


Loading...
Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
Loading...
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :