[VIDEO] Harimau Pemangsa Manusia di Pelangiran Berprilaku Menyimpang


Dibaca: 2527 kali 
Selasa,13 Maret 2018 - 14:35:08 WIB
[VIDEO] Harimau Pemangsa Manusia di Pelangiran Berprilaku Menyimpang Setelah memangsa dua orang korban, predator ini semakin terbiasa berada di sekitar rumah penduduk. Tak hanya itu, juga menjadi terbiasa mendekati manusia. (Sumber foto: BBKSDA)
PASENG.News, INHIL - Harimau Sumatera pemangsa manusia di area PT THIP, Desa Tanjung Simpang Kecamatan Pelangiran kabupaten Indragiri Hilir-Riau, mengalami inhabituasi alias perilaku menyimpang dari kebiasaannya. 
 
Harimau ganas yang dijuluki boneta itu berukuran remaja ini sudah dua kali memangsa manusia, korban pertama ialah karyawati PT THIP Jumiati pada 3 Januari 2018 lalu, dan korbannya Yusri Efendi (34 tahun) Sabtu 10 Maret 2018 lalu.  Setelah memangsa dua orang korban, predator ini semakin terbiasa berada di sekitar rumah penduduk. Tak hanya itu, juga menjadi terbiasa mendekati manusia.
 
"Perilaku menyimpang itu kita duga sejak Bonita memangsa Jumiati beberapa waktu lalu. Dia menjadi terbiasa berdekatan dengan manusia," kata Kepala Bidang I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Mulyo Hutomo, dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (6/3/2018).
 
Hutomo menyebutkan beberapa keanehan sikap hewan buas itu di antaranya sering ditemui duduk dengan santai di tepi jalan poros di Desa Simpang Kanan, Pelangiran, Inhil.
 
"Beberapa kali tim kita atau warga menemukan Bonita duduk di tepi jalan poros. Malah sempat direkam tim kita Bonita dengan santai mendatangi ke arah truk yang akan melintas," kata Hutomo. Padahal, jika saja Bonita tidak mengalami inhabituasi, satwa liar ini akan menghindar. Tapi anehnya, Bonita tampak santai berjalan di siang hari mendekati truk.
 
Keanehan sikap Bonita ini ditunjukkan saat tim BBKSDA bersama anggota Polres bertemu di dalam kawasan hutan. Selaku satwa liar yang masih normal, semestinya ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, bila bertemu, harimau akan melakukan penyerangan langsung. Atau yang kedua, hewan tersebut akan menghindari manusia.
 
"Tapi anehnya, justru saat bertemu itu Bonita tidak menghindar dan tidak melakukan penyerangan," kata Hutomo.
 
Malah satwa ganas yang dijuluki panggilan 'Datuk' itu duduk dengan santai hanya berjarak 3 meter dari tim. Harimau itu menatap tajam ke arah tim BBKSDA dan Polres Inhil yang tak berkutik.
 
Bonita malah mengelilingi tim di dalam kawasan hutan itu. Lebih dari dua jam Bonita menongkrongi tim yang serba salah akan situasi itu. Bonita baru beranjak pergi di lokasi itu setelah datangnya tim bantuan mendekati lokasi dengan suara tembakan.
 
"Mendengar suara tembakan dari kejauhan, Bonita baru pergi setelah menongkrongi tim selama dua jam. Dan dia meninggalkan lokasi juga berjalan dengan santai, malah sempat kembali melihat ke belakang," kata Hutomo.
 
Kondisi Bonita yang duduk santai di dekat tim, hanya berjarak 3 meter, itu dinilai bukan perilaku normal seekor harimau liar. Bonita malah terkesan ingin beradaptasi dengan lingkungan manusia sebagaimana kucing.
 
"Jadi sepertinya harimau itu ingin berperilaku seperti kucing yang bisa beradaptasi dengan lingkungan manusia. Bonita sepertinya ingin bermanja-manja dengan manusia. Itu kesan yang kita prediksi dari sikap Bonita itu," kata Hutomo.
 
Perilaku Bonita yang tidak normal lainnya adalah tidak memangsa umpan kambing yang diletakkan di box trap yang telah dipasang BKSDA di lokasi. Dalam rekaman kamera yang tertangkap, Bonita ini justru sudah berada di mulut perangkap itu. Tapi Bonita hanya melihatnya dan lantas meninggalkan box perangkap itu.
 
"Ini sangat tidak lazim untuk harimau liar. Tapi Bonita malah tampak santai dan tidak menerkam kambing yang ada di dalamnya. Inilah perilaku Bonita yang telah menyimpang pasca-memangsa Jumiati," tutup Hutomo.
 
Editor: Ali
Sumber: Detikcom
sumber foto/video: BKSDA Riau
 
[VIDEO] Harimau Pemangsa Manusia di Pelangiran Berprilaku Menyimpang
loading...
 
Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :