Asli Indonesia, 3 Bir Tanpa Alkohol yang Punya Segudang Manfaat Kesehatan


Dibaca: 85 kali 
Selasa,13 Februari 2018 - 09:58:03 WIB
Asli Indonesia, 3 Bir Tanpa Alkohol yang Punya Segudang Manfaat Kesehatan

SELAMA ini bir selalu diidentikkan sebagai salah satu minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi. Proses fermentasi itulah yang nantinya akan menghasilkan kadar alkohol pada minuman tersebut, serta buih-buih khas yang selalu memenuhi bagian permukaan gelas.

Tapi jangan salah, meski minuman ini dipercaya berasal dari kawasan Timur Tengah, beberapa daerah di Indonesia juga menjadi penghasil bir tradisional yang ternyata halal untuk dikonsumsi oleh umat Muslim. Pasalnya, sebagian besar produk bir di Indonesia dibuat dari campuran rempah-rempah dan tanpa melalui proses fermentasi. Lalu, apa saja varian bir non-alkohol yang ada di negara kita? Berikut ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber.

Bir Pletok

Bir pletok merupakan salah satu minuman tradisional khas Betawi yang terbuat dari campuran beberapa rempah yakni, jahe, daun pandan wangi, dan serai. Untuk menciptakan warna merah yang khas, biasanya akan ditambahkan kayu secang sebelum diseduh dengan air panas. Nah, meski namanya mengandung kata bir, bir pletok ternyata tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini bahkan sering dikonsumsi masyarakat Betawi untuk menghangatkan tubuh di musim penghujan, dan juga memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti memperlancar peredaran darah.

Bir Kotjok

Selain Jakarta, warga Bogor juga memiliki sajian minuman tradisional yang sangat khas. Minuman ini dikenal dengan sebutan bir kotjok. Sama seperti bir pletok, walaupun bernama bir, minuman tersebut tidak memabukkan malah memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Proses pengolahannya pun hampir sama dengan bir pletok. Bir kotjok diolah menggunakan beberapa jenis rempah seperti jahe merah, kayu manis, dan cengkeh, lalu ditambahkan gula pasir dan aren untuk menciptakan rasa manis. Minuman tersebut umumnya disajikan dengan es batu untuk menambah sensasi segar, namun tetap terasa hangat di tengorokkan. 

Bir Jawa

Bergeser sedikit ke daerah Jawa Tengah, masyarakat Jawa ternyata juga memiliki olahan bir non alkohol yang dikenal dengan sebutan Bir Jawa. Berbeda dengan bir pletok dan bir kotjok, bir jawa justru memiliki warna cokelat muda yang menggugah selera. Minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah dan diketahui menjadi salah satu minuman favorit Sultan Hamengkubuwono IX.

(okezone.com)

 


Akses Paseng.News Via Mobile m.paseng.news
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya
KANTOR PUSAT:
Jalan Datuk Bandar 46 RT 004 RW 003 Tembilahan, Kabupaten Inhil, Riau
Email Redaksi : pasengnews@gmail.com
Email Bagian Iklan : pasengnews@gmail.com
Phone : 0812-6703-4877
AVAILABLE ON :